Kamis, 11 Agustus 2016

Perkembangan atau Kemajuan Teknologi

       Perkembangan atau kemajuan teknologi hingga saat ini berkembang pesat. Perkembangan dan kemajuan teknologi sangat penting untuk manusia jaman sekarang.

       Teknologi sendiri adalah sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Perkembangan teknologi semakin hari terus berevolusi.
       Perkembangan teknologi memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif perkembangan teknologi adalah pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi, produksifitas dunia industri semakin meningkat, orang dapat berhubungan melewati batas-batas negara, cepat, efisian. Sedangkan dampak negatif perkembangan teknologi adalah penyalahgunaan fungsi, pemborosan biaya, global warming. Ada beberapa contoh perkembangan teknologi.
       Salah satu contoh perkembangan teknologi adalah fingerprint, sekarang banyak instansi-instansi dan juga sekolah-sekolah yang menggunakan fingerprint untuk mendata kehadiran atau sebagai absensi. Yang dulunya absensi menggunakan tanda tangan sekarang hanya menempelkan salah satu jari (biasanya jari jempol) di scannernya untuk dilakukannya proses scanning. Keuntungan fingerprint adalah pengelolahan lebih mudah, menekan dana pengeluaran fiktif karyawan, terhindar dari kecurangan. Kelemahan fingerprint adalah terjadi kesalahan dalam proses identifikasi, membutuhkan perawatan yang rutin, kinerja scanner kurang maksimal.
       Memang semua teknologi ada sisi lemah dan kuatnya, maka kita harus berhati-hati dalam menggunakan teknologi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar